FILMS D’ALLEMAGNE

FILMS D’ALLEMAGNE

FILMS D’ALLEMAGNE – Les Inattendus menawarkan tiga potret Jerman untuk edisi ini, menampilkan film-film Hellmuth Costard, Bärbel Freund dan Karl Heil, ditemani oleh beberapa teman mereka: Johannes Beringer, Ingo Kratisch, Ulrike Pfeiffer dan Ute Aurand.

Hellmuth Costard (1940-2000), yang belajar psikologi, merekam film pendek pertamanya sebagai bagian dari kelompok kerja “Film dan Televisi” di Universitas Hamburg, kemudian menjadi salah satu pendiri Cooperative des filmmakers dari Hamburg, dibuat berdasarkan model Sinema Baru Amerika dan melawan “kebodohan industri film yang mapan”, antara lain Helmut Herbst, Thomas Struck, WernerNekes (di antaranya kami telah menayangkan beberapa film selama akhir pekan Jerman tahun 2004 dan yang film terakhirnya adalah kami menunjukkan), Dore O. dan Klaus Wyborny.

Pada tahun 1968, filmnya Prime la qualité (Besonders wertvoll), dipilih dengan suara bulat oleh panitia seleksi, memicu skandal di festival film pendek Oberhausen dan manajemen festival memutuskan pada menit terakhir untuk tidak memproyeksikannya. 

Rasa subversi yang ia tunjukkan dapat ditemukan dalam L’oppression de la femme yang diakui oleh perilaku perempuan (Die Unterdrückung der Frau ist an dem Verhalten der Frauen selbst zuerkennen).

Nama Hellmuth Costard juga dilampirkan pada teknik yang, pada tahun enam puluhan, membangkitkan harapan sinema Jerman “lain”: kemungkinan, dalam Super8, format amatir dan murah, untuk merekam dengan sinkronnya. Apa yang dia alami dengan Teilweise von Mir – ein Volksstück (Bagian dari saya – sebuah drama populer), trotoar mikro filosofis di jalan-jalan Hamburg, Berlin dan Munich. 

Eksperimen lain dengan beberapa kamera disinkronisasi memberi Fussball wie noch nie (Football seperti tidak pernah) , nenek moyang diketahui dari Zidane, potret XXI th abad Philippe Parreno dan Douglas Gordon.

Dalam nada yang sama, Karl Heil, seorang siswa di HFF, sekolah film Munich, mencoba agar hak pengambilan gambar di Super8 diakui di sana. 

Tiba di Berlin pada tahun 1981 untuk melarikan diri dari dinas militer, ia dapat mengeluarkan kamera Super8-nya tanpa izin, di sepanjang dinding dan di sekitar stasiun Kebun Binatang, untuk mengumpulkan, berkat suara yang sinkron, pidato Mmh yang intim dan dibangun 

Selain film terbarunya berdasarkan L’Atalanteoleh Jean Vigo, kami menayangkan dua film yang dibuat dengan Bärbel Freund: kisah yang difilmkan didahului dengan demonstrasi pembuatan sisir, dan karya musik yang difilmkan. 

Bärbel Freund berasal dari Düsseldorf, dan setelah magang dengan seorang fotografer, memasuki DFFB, sekolah film Berlin. Kami menunjukkan dua potret wawancara saudaranya: satu pada usia 13, terinspirasi oleh Anne-Marie Miéville dan Jean-Luc Godard France Tour Détour Deux Enfants , yang lain beberapa tahun kemudian, terinspirasi oleh brosur panduan karir yang dia terima dari sekolah menengah, Kontinuum (Kontinuum).

Ute Aurand, yang beberapa dapat ditemukan musim panas lalu di festival Lussas, dan Ulrike Pfeiffer berada di DFFB dengan Brbel Freund. 

Mereka telah menyutradarai beberapa film mereka dan bekerja bersama di konstelasi yang berbeda. 

Kami akan menampilkan karya terbaru mereka, sebuah film animasi untuk Ute Aurand dengan adiknya Detel, String Games 3 , dan sebuah film kostum untuk Ulrike Pfeiffer, Raja Katak Gazaupouy.

Johannes Beringer dan Ingo Kratisch, pada bagian mereka, termasuk di antara siswa pertama DFFB selama tahun 1960-an. 

Seperti halnya Holger Meins yang akan meninggalkan bioskop untuk perjuangan bersenjata, dan Harun Farocki yang akan tertarik pada perjuangan bersenjata melalui bioskop. 

Kita akan melihat film kedua Johannes Beringer, Situations , yang menampilkan Holger Meins. 

Ingo Kratisch, sutradara dan sinematografer utama Farocki, akan menunjukkan kepada kita, untuk pertama kalinya dalam proyeksi publik, RE , sebuah video diary tentang konversi seorang profesional film menjadi amatirisme.

Terima kasih banyak kepada Bernd Upnmoor, Renate Costard-Bein, Thomas Pfeiffer (Metropolis-Archiv, Hamburg) dan Gesa Knolle (Arsenal, Berlin)